PSIKOLOGI PENDIDIKAN
psikologi
pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya
lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik
maupun mental, yang sangat erat hubungannya dalam masalah pendidikan terutama
yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar.[1]

Tujuan belajar tersebut dalam
dunia pendidikan kita sekarang lebih dikenal dengan tujuan pendidikan menurut Taksonomin Bloom yaitu tujuan belajar
siswa diarahkan untuk mencapai ketiga ranah kognitif, afektif, dan
psikomotorik.

Belajar
memiliki proses atau tahapan dan hasil dari belajar tersebut. Dalam proses
belajar ini, memiliki fase-fase antara satu dengan yang lainnya berkaitan
secara berurutan dan fungsional.
Menurut Jerome S. brunner, dalam
proses belajar, siswa menempuh tiga episode atau fase, yani:
a. Fase informasi ( tahap penerimaan materi )
b. Fase transformasi ( tahap pengubahan materi )
c. Fase evaluasi (tahap penilaian materi )
Untuk mengoptimalkan ketuntasan
belajar, siswa perlu dibekali dengan berbagai kemampuan strategi belajar.
Menurut Crow and Crow, mereka mengemukakan secara praktis saran-saran yang
diperlukan untuk persiapan belajar yang lebih, seperti:
1. Adanya tugas-tugas yang jelas
dan tegas
2. Belajarlah membaca dengan baik
3. Gunakan metode keseluruhan dan
metode bagian dimana diperlukan
4. Pelajari dan kuasailah
bagian-bagian yang sukar dari bahan yang
dipelajari
5. Buatlah outline dan
catatan-catan pada waktu belajar
6. Kerjakan atau jawablah
pertanyaan-pertanyaan
7. Hubungan bahan-bahan baru
dengan bahan yang lama
8. Gunakan bermacam-macam sumber
dalam belajar
9. Pelajari baik tabel, grafik,
gambar dan sebagainya
10. Buatlah rangkuman (summary)
dan review
Tidak ada komentar:
Posting Komentar